SEGO ALUS

Oleh Baron Sanggha Waskito Aji

Pada tanggal 26 Mei 2013, kami SMA Negeri 2 Yogyakarta angkatan 2013 melaksanakan acara SEGO ALUS (SEpeda kangGO Acara KeluLUSan) dalam rangka merayakan kelulusan 100% angkatan kami. Acara SEGO ALUS ini mengusung tema "LULUS JUJUR HEBAT!". Tema ini menggambarkan perjuangan kami dalam menggapai kelulusan di jenjang Sekolah Menengah Atas. Adapun, rute Sego Alus  menyusuri salah satu sebuah rute yang penuh makna. Makna tersebut merupakan konsepnya Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, yaitu dari Tugu Yogyakarta ke selatan sampai ke depan Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat (depan alun – alun utara), selanjutnya melewati Jalan Margoutomo, Jalan Malioboro, Jalan Margomulyo, dan terakhir Jalan Pangurakan.
Maknanya dari rute yang kami tempuh adalah dari Tugu Yogyakarta, kita harus tahu Tugu dalam hidup kita, harus tahu madhep mantep e  istiqomah kita kepada Allah, dan harus kita tugukan dalam hati kita. Selanjutnya, kami menyusuri Jalan Margoutomo yang artinya jalan yang utama. Apa itu jalan yang utama? Jalan yang utama itu adalah jalan agama, jalan Islam yang diridhoi-Nya sehingga kita perlu melaksanakan asas – asas ketuhanan dalam kehidupan kita. Setelah itu, kami melewati Jalan Malioboro, kata Malioboro ini sebenarnya adalah sebuah kata perintah. Dalam sintaksis bahasa Jawa, sebagian kata yang berawalan W, jika dijadikan kata perintah menjadi M. Kata “malio” maksudnya adalah dadio Wali (jadilah Wali, dalam bahasa indonesia). Lalu, kata “boro” merupakan kependekan dari kata “ngumboro” (ngumboro bisa diartikan mengembara). Jadi Malioboro maksudnya adalah “dadio Wali sing ngumboro”. Jadilah Wali yang mengembara di muka bumi ini, Wali adalah wakilnya Allah di muka bumi yang mengembarai, yang berijtihad, yang bermujahadah, mencari hikmah hidup dan mendalami semua urusan sebaik-baiknya, kalau kita mau jadi Wali yang mengembara, nantinya kita akan sampai pada Jalan Margomulyo (jalan kemuliaan). Kita akan mendapat kemuliaan dari Gusti Allah Subhaanahuwata'aalaa. Selanjutnya, kalau kita sudah mendapat karomah serta kemuliaan dari Allah, kita akan menjadi manungsa pangurakan, manusia yang jiwanya merdeka, pikirannya merdeka, dan sikapnya merdeka.
Demikian rute perjalanan SEGO ALUS SMA Negeri 2 Yogyakarta angkatan 2013. Semoga dengan melawati rute ini, kami mendapatkan pelajaran berharga dari apa yang tersirat di dalamnya dan meneladani apa yang diajarkan oleh para leluhur. Memang, orang Jawa dulu hebat-hebat dan terkenal akan kesederhanaannya. Kalau memberi suatu ajaran, tidak hanya umak-umik (tidak hanya sebatas di bibir ajarannya).

0 comments: