Honor Abdi Dalem



Jika abdi dalem diberikan honor dari dana keistimewaan Yogyakarta namanya bukan lagi abdi dalem, tapi buruh atau pegawai karena diberi upah atau gaji sebagai balas jasanya.
Filosofi abdi dalem - ngarso dalem - negri dalem adalah satu kesatuan entitas sekaligus identitas dalam menjalankan roda kehidupan atas dasar pengabdian, ketulusan, keihlasan, keberkahan, kesejahteraan dan kebahagian berdasarkan budaya adiluhung.
Filosofi keadiluhungan dalam hubungan ngarso dalem dengan abdi dalem adalah relasi sosial budaya spiritual dalam rangka menggapai tujuan hidup yang Nga-yog-ya-kar-ta-Ha-di-ning-rat atau ajakan bersegera untuk memperindah kehidupan baik di dunia maupun akhirat.
Tolok ukur kesejahteraan abdi dalem atau take and give bukan bersifat pengupahan yang cenderung eksploitatif – kapitalistik, tapi berupa given "kucah dalem" atas dasar rasa saling menghargai dan menghormati kedudukan masing – masing.
Jaman HB IX, secara ekonomis para istri abdi dalem diberi lahan pasar di pasar beringharjo supaya berdagang untuk mendukung ekonomi rumah tangga.
Sejak jaman HB I, para sentono dalem, abdi dalem dan kawulo dalem sesuai jabatan, pangkat, golongan diberi pelungguh, yakni lahan yang bernilai ekonomis agar dapat menghasilkan palawija (hasil bumi) untuk menopang kehidupan keluarga serta negri dalem Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.
Dengan demikian terwujudlah suatu peradaban budaya yang saling menghargai dan menghormati atas dasar rasa kebahagiaan dan kesejahteraan bukan atas dasar pengupahan/honor/gaji yang kapitalistik sehingga menghilangkan semangat pengabdian, keihlasan dan kebersamaan dalam menjalankan prinsip keadiluhungan negeri dalem kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Hamemayu Hayuning Bawono. Jangan kotori niat pengabdian dengan iming-iming sejumlah uang tertentu. Kalau ingin memberi tambahan kesejahteraan jangan berwujud uang tapi  kekucah dan harus berasal dari Kraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, karena para abdi dalem itu mengabdi kepada Kraton bukan kepada yang lain. kalau tidak ada tambahan kesejahteraan, para abdi dalem juga akan menerima seperti halnya selama ini.

0 comments: